Tahukah kah kamu apa itu sistem transmisi? Dan kira-kira apa saja komponen transmisi? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya. Sistem transmisi atau sistem penggerak adalah salah satu sistem yang terdapat di dalam kendaraan, yaitu di dalam mobil dan juga motor. Seperti yang kamu tahu, pada kendaraan mobil contohnya, terdapat dua jenis sistem transmisi, yaitu transmisi manual dan juga transmisi otomatis, atau yang lebih dikenal dengan sebutan matic.
Sebagai salah satu komponen power train system, transmisi berguna untuk mengubah laju kecepatan dan momen puntir atau tenaga yang telah dihasilkan mesin untuk diteruskan menuju roda. Model dan bentuk dari transmisi manual bermacam-macam. Misalnya adalah transmisi manual untuk mobil penggerak depan atau FWD, akan berbeda bentuknya dengan transmisi manual yang digunakan pada mobil dengan sistem berpenggerak belakang atau RWD. Namun yang perlu dicatat adalah pada umumnya semua komponen transmisi manual pada mobil memiliki kesamaan, yang membuat beda hanyalah posisi letak dan bentuknya saja.
Daftar Isi
Komponen transmisi pada manual tentunya lebih banyak dan kompleks dibandingkan dengan pada matic. Sistem transmisi manual merupakan sistem bergerak yang tersusun dari beberapa gabungan roda-roda gigi yang memindahkan putaran dan momen engkol menuju pada roda penggerak. Fungsi utama dari sistem transmisi ini adalah untuk memindahkan tenaga mesin kendaraan yang disesuaikan dengan kondisi pada saat mobil dikemudikan. Sistem ini pula yang digunakan untuk memenuhi karakteristik dari mesin mobil.
Karakteristik yang dimaksud di sini mengacu pada memperoleh tenaga besar saat melakukan start mesin dan berjalan di tanjakan, menggerakkan roda kea rah yang berbalik arah atau mundur, dan juga memacu kecepatan tinggi saat pengemudi dalam kecepatan yang tinggi juga.
Secara umum, transmisi merupakan salah satu komponen sistem pemindah tenaga atau power train yang berfungsi untuk melanjutkan tenaga atau putaran mesin dari kopling ke poros propeller. Selain itu juga untuk merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan, tergantung beban mesin dan kondisi jalanan. Kemudian fungsi lainnya adalah untuk memungkinkan kendaraan roda empat kamu dapat berjalan mundur.
Transmisi manual terdapat tiga tipe yaitu:
Pada dasarnya, transmisi mobil terbagi menjadi 2 jenis, dan salah satunya adalah transmisi mobil manual. Transmisi mobil manual terdiri atas beberapa komponen yang masing-masing saling berkesinambungan dan berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin kendaraan kamu. Oleh karena hal tersebut, penting bagi kamu untuk mengetahui komponen apa saja yang ada pada transmisi kendaraan mobil manual.
Poros Input Transmisi berfungsi sebagai sumbu yang bekerja sama dengan kopling dalam memutar gigi di dalam gearbox.
Gear Transmission berfungsi untuk mengubah input tenaga dari mesin menjadi output gaya torsi sesuai dengan yang diperlukan oleh kendaraan.
Synchronizer memiliki fungsi untuk memindahkan gigi pada saat mesin mobil sedang bekerja atau berjalan.
Shift Fork merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk memindahkan gigi pada sumbunya, agar gigi akan dengan mudah untuk dipasang atau dipindahkan.
Shift Lingkage adalah tuas atau batang yang menghubungkan antara tuas persneling dengan shift fork.
Komponen transmisi yang satu ini berfungsi untuk memungkinkan pengemudi untuk dapat memindahkan gigi transmisi berdasarkan kondisi mengemudi.
Komponen transmisi yang satu ini digunakan sebagai dudukan bearing transmisi dan poros-poros. Selain itu, bak transmisi juga berfungsi untuk wadah penyimpanan oli transmisi.
Output Shaft merupakan komponen yang berupa poros yang dapat memindahkan torsi dari sistem transmisi ke gigi terakhir, sekaligus juga dudukan persneling.
Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi pada permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi.
Counter Gear merupakan komponen yang fungsinya adalah untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju pada gigi kecepatan.
Komponen yang selanjutnya ini berfungsi untuk mengubah arah dari putaran output shaft agar mobil bisa berjalan mundur.
Fungsi dari Hub Slave adalah sebagai pengunci penyesuaian gigi percepatan, sehingga output shaft bisa berputar dan berhenti.
Komponen yang satu ini berfungsi sebagai penggerak kabel untuk mengukur kecepatan mobil yang sedang dikemudikan.
Wadah Transmisi digunakan sebagai pelindung komponen dalam transmisi sekaligus juga berfungsi untuk dudukan bearing transmisi beserta dengan poros-poros input dan output-nya. Selain itu, Transmission Case juga berfungsi sebagai tempat menampung oli transmisi.
Lihat Dealer Honda Cilacap
Nah itu dia sistem transmisi, komponen transimisi beserta dengan masing-masing fungsinya. Pembahasan mengenai komponen transmisi manual diatas bisa dengan mudah kamu pahami dan dijelaskan secara terperinci. Semoga artikel ini bermanfaat ya!
BagikanMobil buatan jerman selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Jerman merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pekerja terbanyak pada bidang industri otomotif. Jerman juga menduduki peringakat atas sebagai produsen mobil terbanyak mencapai angka 29%. Berikut ini merupakan... selengkapnya
Honda Purbalingga – Honda Sumber Baru hadir untuk anda yang ada di area Purbalingga, Pemalang, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo. Namun untuk lokasi dealer lebih tepatnya berada di Purwokerto sebagai Pusat penjualan mobil Honda. Alamat Dealer Honda Purbalingga Nama Honda Sumber... selengkapnya
Biografi Soichiro Honda, Mulai Perjuangan hingga Perjalanan kariernya! – Sebagai salah satu merek dagang ternama di Indonesia, Honda ternyata diambil dari nama lengkap pendirinya, yaitu Soichiro Honda. Yap, sosok yang sangat berjuang, rela jatuh hingga bangkrut, lalu bangkit kembali demi... selengkapnya
Belum ada komentar